Di lampu merah pake N donk biar aman

Kendaraan dengan menggunakan transmisi otomatis sudah tentu membuat pengguna kendaraan akan merasa lebih nyaman dibandingkan dengan mennggunakan transmisi manual ini karena tidak perlu capek capek injak pedal kopling pada saat terjadi macet atau di lampu merah.Namun sayang masih ada pengguna transmisi otomatis yang belum paham benar cara pengoperasian ketika berada pada kedua kondisi tersebut.

Pada saat kendaraan menyongsong lampu merah sudah tentu pengguna akan memperlambat kendaraan nya dengan mepelas gas dan menginjak pedal rem,yang harus diperhatikan adalah pada saat berhenti “pada saat berhenti lebih dari 15 detik posisi tuas transmisi harus berada di posisi N” lalu menarik rem tangan.Tentu sobat matic bertanya kenapa ngak di D aja terus tinggal tarik rem tangan sama aja kan mobil berhenti juga,posisi D boleh saja akan tetapi dengan catatan berhentinya tidak terlalu lama,kekuatan menginjak pedal rem lama lama akan berkurang dan ini akan membahayakan pengguna kendaraan apabila tuas rem tangan dilepas sedangkan posisi tuas transmisi di D maka mobil akan langsung bergerak maju.Selain itu tekanan fluida di Hydrolic Control System akan selalu stand by apabila tuas di pososi D,sedangkan di posisi N tekanan fluida nya akan berkurang,dan apabila berkurang akan membutuhkan waktu 15 detik untuk menaikan kembali agar mobil dapat bergerak lembut.

Untuk menghindari kecelakan berkendara jangan sekali kali memosisikan posisi tuas di posisi P pada saat kendaraan berhenti karena perpindahan tuas dari P ke D selalu melewati R ,ditakutkan secara tidak sadar pengendara memindahkan posisi masih di R lalu pedal gas langsung diinjak mobil bukannya maju justru mundur.

Jadi kalo mau aman mengedarai mobil dengan Transmisi Otomatis sobat matic harus memperhatikan hal hal berikut

  1. Jangan memosisikan tuas transmisi di posisi D pada saat terjadi kemacetan atau di lampu merah,karena apabila kaki kita sudah terlalu lelah menginjak pedal rem dan kaki kita terangkat dari pedal rem maka kendaraan akan nyelonong ke depan secara otomatis and kita jadi kaget dech mobil orang ketabrak.
  2. Jangan memosisikan tuas transmisi di posisi P pada saaat di lampu merah ,karena pada posisi P apabila akan digerakan ke posisi D selalu melewati R dan bisa berbahaya kalau kita secara tidak sadar tuas mampir dulu di R terus pedal gas maen injak aja alhasil kendaraan di belakang kita bisa tertabrak.

Tidak ada komentar: